MYOB Confirm Company File (Read Only)!

Setelah Anda membeli produk MYOB secara legal, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan supaya nama perusahaan Anda terdaftar sebagai pengguna MYOB yang legal yaitu:

  1. Mendaftarkan data (nama dan alamat) perusahaan Anda dengan cara mengisi form registrasi yang telah disediakan di dalam buku manual MYOB.
  2. Membuat File Baru untuk menampung seluruh data akuntansi perusahaan Anda
  3. Mengaktifkan File yang sudah dibuat agar dapat digunakan untuk mencatat transaksi lebih dari waktu yang dibatasi oleh versi trial (30 hari)
  4. Secara berkala Anda diminta untuk mendaftarkan ulang (konfirmasi) data file perusahaan anda. Hal ini diminta setahun 2 kali (umumnya setiap 4 sampai 9 bulan sekali). Waktunya diacak oleh sistem MYOB.

Konfirmasi diperlukan untuk memverifikasi bahwa data file yang anda gunakan adalah data file yang legal dan sah. Selain itu konfirmasi juga melindungi pembeli MYOB yang sah dari pencurian nomor seri yang digunakan oleh perusahaan lain. Kadangkala tidak sampai 4 – 9 bulan, data file MYOB tiba-tiba meminta konfirmasi lagi. Hal ini disebabkan tanggal setting bios komputer Anda tidak sesuai dengan tanggal yang up to date (tanggal sekarang). Atau data MYOB pernah dibuka oleh tanggal komputer yang mundur atau terlalu maju dari tanggal sekarang. Konfirmasi data file perusahaan ini hanya diminta untuk file yang sudah pernah diaktivasikan.

myob-confirm-company-file

Menu Help di MYOB Premier

 

Untuk melihat apakah file Anda sudah pernah diaktivasikan atau belum bisa dilihat dari menu Help – About MYOB Premier. Di jendela tersebut ditampilkan file yang Anda gunakan adalah file yang sudah diaktivasikan dengan urutan aktivasi file yang kesekian kalinya (Company File ID : 1). Satu nomor seri hanya bisa digunakan untuk diaktivasikan sebanyak 5 kali.

myob-confirm-company-file-02

Help About MYOB Premier – Company File ID

 

Konfirmasi file bisa dilakukan secara otomatis (tanpa ada pesan untuk dilakukan konfirmasi) atau bisa juga dilakukan secara manual yaitu Anda akan diberikan peringatan 14 hari sebelum hari jatuh tempo pelaksanaan konfirmasi. Untuk menentukan hal tersebut bisa ditetapkan dari menu Setup – Preferences – Security – I Prefer to Use Automated Online Company File Comfirmation [System wide]. Disarankan untuk tidak mengaktifkan pilhan ini, jadi konfirmasi dilakukan secara manual saja.

myob-confirm-company-file-03

Preferences – Security – Warning to Confirm Online

 

Biasanya 14 hari sebelum waktu konfirmasi terakhir MYOB memberikan warning dan menampilkan pesan dengan munculnya jendela Confirm Your Company File.

Anda bisa melakukan konfirmasi file secara online dengan internet (sebelumnya firewall harus di set OFF), atau konfirmasi bisa dilakukan secara manual yaitu dengan cara menelepon customer servis MYOB Asia di jam kerja. untuk meyakinkan data anda tidak ter-block oleh firewall : masuk ke internet explorer lalu ketikkan di page : https://confirmation.myob.com

myob-confirm-company-file-04

myob-confirm-company-file-05

Konfirmasi by Email :

Kirimkan email ke : cs.sg@myob.com.sg dengan menyertakan informasi tentang:

→ Alamat Perusahaan

→ Nomor Seri MYOB yang telah dimiliki

→ Varian MYOB dan versi yang digunakan (misal : MYOB Premier versi 12)

→ Nama Perusahaan yang terdaftar (diisi) didalam Form Registrasi MYOB

→ Company File ID yang akan diaktifasikan (dilihat dari menu Help – About MYOB….). Company File Code yang tertera setelah membuka menu Help – Confirm Company File – Confirm by Phone

Dengan informasi diatas, customer service MYOB Singapore akan membantu Anda dengan membalasnya via email.

[Sumber: myobindonesia.wordpress.com]